Bagaimana Cara Mem-backlink Artikel Agar Muncul di Google dan Yahoo

9 Apr 2013

Pertanyaan: “Bagaimana Cara Mem-backlink Artikel Agar Muncul di Google dan Yahoo” ini mungkin mudah, mungkin juga sulit menjawabnya. Jika hanya sekedar muncul di google dan yahoo sebenarnya tidak terlalu sulit. Dengan fasilitas webmaster dari google dan bing (untuk yahoo), maka kita bisa memasukkan sitemap atau mengusulkan url secara manual untuk dapat diindex di google dan yahoo. Asal bersabar menunggu, akan diindex juga akhirnya :). Hanya saja memang untuk bisa terindex di yahoo (atau bing) agak cukup lama, dibandingkan google. Entah kenapa, mungkin yahoo (bing) lebih selektif dalam memasukkan artikel-artikel yang dipajang di mesin pencarinya. Bahkan saya sering menemukan artikel yang sudah terindex di yahoo diremove (mungkin secara manual) karena tidak memenuhi kriteria artikel yang bisa dipajang di mesin pencari yahoo (google).

Apakah pertanyaan Bagaimana Cara Mem-backlink Artikel Agar Muncul di Google dan Yahoo sudah terjawab? Belum. Hehehe. Mari kita lanjutkan. Backlink adalah sebuah penghargaan para pembaca yang tertarik untuk memuat link-link artikel yang bagus di websitenya. Para pembaca ini, sekaligus pemilik situs (blog) lain ingin merekomendasikan atau berbagi dengan orang tentang situs yang mesti dikunjungi untuk melengkapi artikel yang sedang dibaca tersebut. Misalnya, jika anda tertarik dengan artikel Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen dan ingin berbagi dengan para pembaca lain, maka akan membuat link untuk artikel Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen tersebut. Apakah link tersebut akan berpengaruh terhadap hasil pencarian di halaman google dan yahoo. Secara teoritis begitu. Backlink ini bagian dari kegiatan optimisasi search engine off page. Semakin banyak backlink yang mendukung artikel kita, maka akan besar kemungkinan untuk muncul di mesin pencari google dan yahoo, bahkan bisa masuk di halaman pertama.

Backlink terhadap artikel dan situs sebenarnya diharapkan berjalan secara natural. Jadi bukan disengaja untuk membacklink. Namun sulitnya, jarang sekali sekarang orang yang mau dengan sukarela mau mencantumkan link situs kita di situs mereka. Ada semacam ketakutan jika terlalu banyak link di situsnya akan membuat page rank merosot, atau artikel tidak akan muncul di halaman pertama mesin pencari. Memang suatu alasan yang logis juga ya :)

Bagaimana menurut anda?


TAGS Belajar SEO Backlink


-

Author

Follow Me